Kamis, 31 Desember 2015

Shahifah ash-Shadiqah Abdullah bin Amru

0


BIOGRAFI SINGKAT ABDULLAH BIN AMRU BIN ‘ASH
Abdullah bin Amru bin Ash bin Wail bin Hasyim As-Sahmi. Ayahnya termasuk salah seorang dari tokoh sahabat terkemuka. Ibunya bernama Raithah binti Hajjaj bin Munabbih As-Sahmiyyah.
Abdullah bin Amru dijuluki Abu Muhammad, Abu Abdirrahman, Abu Nushair. Sebagian riwayat mengatakan bahwa nama aslinya adalah Al-Ash kemudian diganti oleh Rasulullah menjadi Abdullah.
Beliau masuk Islam lebih awal sebelum ayahnya, dan pada tahun ke tujuh hijriyah beliau berhijrah kepada Rasulullah di Madinah. Beliau juga termasuk salah seorang sahabat yang diizinkan oleh Rasulullah SAW untuk menulis hadits, dan tingkat hafalan haditsnyapun cukup banyak. Ibnu Atsir menyebutkan bahwa beliau hafal sekitar 1000 hadits.
Beliau wafat pada tahun 65 H di Mesir, pada usianya yang ke 72 tahun.
TENTANG SHAHIFAH
Shahifah ini dinisbatkan kepada ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash (7 Q.H – 65 H pada usia 72 tahun). Beliau memiliki kecintaan yang sangat  besar di dalam menulis dan mencatat. Apa saja yang beliau dengar dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam akan segera beliau catat. Beliau secara pribadi mendapatkan izin khusus dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Risalah beliau ini terdiri dari sekitar 1000 hadits. Risalah ini tetap dijaga dan dipelihara oleh keluarga beliau dalam waktu yang lama sampai masa cucunya, Amru bin Syu’aib (w.120 H). Amru bin Syu’aib meriwayatkannya sesuai teks aslinya. Semua isi risalah ini dapat ditemukan di dalam Musnad Imam Ahmad Rahimahullah.
PENAMAAN SHAHIFAH
Dinamakan dengan as-Shadiqah lantaran beliau langsung menulisnya dari Rasulullah. Mujahid berkata, “Saya pernah melihat Shahifah as-Shadiqah Abdullah bin Amru bin ‘Ash akupun memintanya iapun menjawab ini adalah as-Shadiqah, di dalamnya terdapat hadits-hadits yang saya tulis langsung dari Rasulullah dan tidak ada perantara satupun antara aku dengannya.
KECINTAAN BELIAU TERHADAP SHAHIFAH
Shahifah ini termasuk sesuatu yang paling dicintai oleh Abdullah bin Amru bin Ash, sampai-sampai beliau mengatakan, “Tidak ada kecintaan yang sangat besar di dunia ini kecuali kecintaanku kepada shadiqah dan waht. Shadiqah adalah lembaran hadits yang kutulis langsung dari Rasulullah saw sedangkan waht adalah sejumlah tanah di Mesir pemberian ayahku.”
Diantara murid Abdullah bin Amru bin ‘Ash adalah Husain bin Syafi bin Mati’ al-Ashbahi beliau telah menukil dari Abdullah sebanyak dua kitab di Mesir salah satunya berisi tentang hadits-hadits Rasulullah secara umum dan yang satunya berisi tentang kejadian-kejadian hari kiamat.
JUMLAH HADITS DALAM SHAHIFAH
Nomor Hadits yang berada di Musnad Ahmad    : 6477-7103
Jumlah hadits yang berada di Musnad Ahmad    : 627
Jumlah keseluruhan                                             : 1000
Jumlah hadits riwayat Amru bin Syu’aib            : 436
-         202 dari 632 di Musnad Imam Ahmad
-         81 dari 232 di Sunan Abu Dawud
-         53 dari 128 di Sunan An-Nasa’i
-         65 dari 117 di Sunan Ibnu Majah
-         35 dari 89 di Sunan Tirmidzi
Jumlah Total Hadits yang berada di dalam musnad Ahmad dan empat kitab sunan mencapai 1198 hadits.

-         Hadits yang disandarkan pada beliau tanpa pengulangan mencapai 700 hadits, 7 hadits disepakati oleh Bukhari Muslim. 8 diantaranya diriwayatkan oleh Bukhari dan 20 oleh Muslim.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net